Micro Dentistry

Micro Dentistry adalah ilmu kedokteran gigi terkini yang mempelajari dan mendeteksi adanya karies yang masih kecil sekali (masih sangat awal) sehingga dapat mencegah karies tersebut menjadi lebih besar. Jadi dengan perkembangan ilmu Micro Dentistry akan sangat menolong kita untuk menemukan dan mengobati serta menambal karies gigi sejak dini. Setelah kita dapat mendeteksi adanya karies kecil berupa bercak-bercak berwarna kuning sampai dengan hitam dengan menggunakan Intra Oral Camera maka kita dapat membersihkan bercak-bercak tersebut dengan menggunakan Air Abrasion.

Penggunaan Air Abrasion tersebut menolong kita untuk membuat lubang seperlunya sehingga tidak menjadi besar, dengan demikian sedikit sekali jaringan sehat gigi yang terambil. Ini berbeda sekali jika kita menggunakan bur konvensional, jadi kita hanya mengikuti alur dari parit-parit gigi tersebut. Air Abrasion hampir tidak menimbulkan rasa sakit.

Parit kecil yang sudah bersih diisi oleh Flowable Composite yang dapat masuk ke bagian terdalam gigi itu sehingga akan memperkuat ikatan tambalan dengan gigi sehingga tambalan tersebut dapat bertahan lebih lama.

Karies adalah hilangnya sebagian permukaan gigi atau berubahnya warna gigi berupa bercak-bercak atau garis-garis (kuning – hitam) oleh karena kuman sehingga gigi tersebut berlubang.

Intra Oral Camera adalah alat paling canggih berupa kamera serat optic yang dapat melihat karies paling kecil sekalipun pada layar monitor.

Air Abrasion adalah alat termodern untuk membersihkan bercak-bercak permukaan karies dengan menggunakan tekanan tinggi (tanpa menggunakan bur).

Flowable Composite adalah bahan tambalan komposit (serupa warna gigi) termodern berbentuk cairan sehingga dapat masuk kedalam celah/ parit gigi.